KHUTBAH JUMAT DUA BAHASA (JAWA-INDONESIA): Bulan-Bulan Haram (Asyhurul Hurum)

29 July 2022 § Leave a comment


الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين

أشهد أن لا إله إلا الله الملك الحق المبين 

وأشهد أن محمدا رسول الله صادق الوعد الأمين

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه أجمعين ومن تبعهم بإحسان إلي يوم الدين 

أما بعد 

فيا أيها الحاضرون اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون 

وقال الله تعالى:  إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ. مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ. ذَٰلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ. فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ (التوبة: 36)

Hadirin, rahimakumullah…

Wekdal menika kita taseh wonten ing sasi Besar utawi Dzulhijjah, salah satunggaling sasi haram. Dados, wonten kawan sasi haram.

Saking kawan sasi haram menika, ingkang tiga dipun sebataken berurutan, inggih menika Dzulqa’dah, Dzulhijjah, lan Muharram. Lan ingkang setunggal dipun sebataken piyambakan, inggih menika Rejeb. Tsalatsatun sardun wa wahidun fardun.

Kawan sasi kasebat dipun wastani “asyhurul hurum”. Bulan-bulan Haram. Kados ingkang dipun dawuhaken dening Rasulullah,

السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ، ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ: ذُو الْقِعْدَةِ، وَذُو الْحِجَّةِ، وَالْمُحَرَّمُ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ.

Lajeng, kenging napa dipun sebat “asyhurul hurum”—bulan-bulan haram? Napa ingkang dipun haramaken ing bulan-bulan menika? Lan, kenging napa haram?

Hadirin, rahimakumullah…

Sepeninggal Nabi Ibrahim, mayoritas arab menganut ajaran tauhid Nabi Ibrahim ingkang dipun wucal dening putranipun, inggih menika Nabi Ismail. Sepanjang sugengipun, Nabi Ismail nyepeng kepemimpinan kota Makkah lan nyepeng kendali Baitul Haram.

Nanging, sepeninggal Nabi Ismail, sareng kalian perjalanan waktu ingkang panjang, singkat crito, kedados penyimpangan-penyimpangan kalian wucalan tauhid.

Sanadyan mekaten, bangsa Arab, sedaya mboten sepenuhnya ninggalaken ajaran Nabi Ibrahim. Sedaya tetep ngurmati Ka’bah, tetep tawaf wonten Ka’bah, wukuf wonten Arafah, kurban, lan lintu-lintunipun.

Sedaya tetep melestarikan tradisi haji ing bulan-bulan tertentu, nanging kalian cara ingkang sampun berubah. Mboten malih murni. Sampun campur kalian kesyirikan. Sedaya berhaji, nanging kalian cara jahiliah, inggih menika kangge menyembah berhala-berhala ingkang ngebaki sawentawis Ka’bah.

Khusus wonten wulan-wulan pelaksanaan haji menika, para kabilah lan suku sawentawis Makkah bersepakat mboten berperang supados tiyang-tiyang angsal melaksanakan haji secara aman tanpa gangguan perang. Napa malih, ingkang berhaji, ingkang ziarah dhateng Ka’bah, sanes namung tiyang Makkah, nanging saking sedaya jazirah arab.

Nah, wulan-wulan kala peperangan dipun larang menikalah ingkang dipun sebat kalian “asyhurul hurum” utawi “bulan-bulan haram”.

Artosipun, wula-wulang ingkang haram kangge berperang supados mboten ngganggu pelaksanaan ziarah Ka’bah utawi kaji. Lanmenika sampun dipun mupakati tebih ing masa Jahiliah, saderengipun Islam dugi.

“Asyhurul hurum” utawi wulan-wulan haram kasebat inggih menika Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, lan Rejeb.

Sawulan saderengipun pelaksanaan haji utawi wulan Dzulqa’dah mboten angsal wonten perang supados tiyang-tiyang ingkang tebih saking Makkah saged melakukan perjalanan dhateng Makkah kalian aman.

Ing wulan pelaksanaan haji utawi wulan Dzulhijjah mboten angsal wonten perang supados mboten ngganggu pelaksaan haji.

Lan, sawulan sasampunipun pelaksanaan kaji utawi wulan Muharram (Suro) mboten angsal wonten perang supados tiyang-tiyang ingkang dugi saking tebih saged wangsul dhateng daerahipun kalian aman.

Perang ugi dilarang ing wulan Rejeb, wonten pertengahan tahun, kangge nyukani kesempatan tiyang-tiyang menziarahi Ka’bah wonten selain tigang sasi menika.

Hadirin, rahimakumullah…

Mekatenlah, sakedhik asal-usul “asyhurul hurum”. Wulan-wulan haram. Ingkang lebet sejarahipun, ing bulan-bulan menika dilarang wonten perang antarsuku Arab demi pelaksanaan ziarah Ka’bah utawi Kaji. Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, lan Rejeb. Ing wulan-wulan menika, Allah ngengken manungsa supados mboten bertindak zalim.

فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

Ayat kasebat mboten ngengken supados kita ninggalaken kezaliman namung ing asyhurul hurum mawon. Kezaliman lan maksiat tentu kedah dipun tinggal wonten sadayaning wekdal, mboten namung wonten waktu-waktu tertentu. Nanging, ninggal kezaliman lan maksiat ing bulan-bulan haram kasebat angsal penekanan.

Hikmahipun, upaya kita ninggal kezaliman lan kemaksiatan khusus ing wulan-wulan haram diharapkan ugi mendorong kita ninggal kezaliman lan maksiat ing wulan-wulan lintu. Wonten sepanjang tahun. Wonten sadayaning wekdal.

Menika ugi kalian kesaenan wonten bulan-bulan haram. Kesaenan ingkang kita lampahi khusus wonten bulan-bulan haram diharapkan ugi mendorong kita kangge ngelanjutipun utawi ngelampahi kebaikan-kebaikan lintu wonten wulan-wulan sak lajengipun. Wonten sepanjang tahun. Wonten sadayaning wekdal.

Ing antawis kesaenan ingkang dipun anjuraken ing bulan-bulan haram inggih menika poso sunah. Rasulullah dawuh,

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم (أخرجه مسلم)

“Poso paling sae sak sampunipun Ramadan inggih menika poso wonten wulane Gusti Allah, inggih menika Muharam (utawi Suro).” Ingkang pinten-pinten dinten malih ajeng kita panggihi.

Kenging napa poso wula Muharram utawi Suro menika sae sanget? Amargi, Muharram menika wiwitan tahun Hijriah. Wiwiti tahun kalian kesaenan kados posos dados pangajeng-ajeng supados urip kita wonten sepanjang tahun mangke ugi sae. Mboten namung sepanjang tahun, nanging ugi sepanjang hayat. Mila kita dados tiyang ingkang husnul khatimah. Amin ya Rabbal alamin.

بارك الله لي ولكم ونفعنى وإياكم من الآيات والذكر الحكيم والحمد لله رب العالمين.

Khutbah 2

الحمد لله. والصلاة والسلام على رسول الله. وعلى آله ومن والاه. ولا حول ولا قوة إلا بالله .

أمَّا بعدُ، فيا عباد الله، اتقوا الله حق التقوى. قد قال الله تعالى: وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجاً (الطلاق:2)

واعلموا أن يومكم هذا يوم عظيم. قال رسول الله صلىى الله عليه وسلم: إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ : فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ ؛ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِيهِ ؛ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ –رواه أبو داود 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. 

اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عن بَلَدِنَا إندونسيا خَاصَّةً وَمِنْ سائر البلدان عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

عِبَادَ اللهِ، (إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ). فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ (وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ والله يعلم ما تصنعون).


BAHASA INDONESIA

Hadirin, rahimakumullah…

Saat ini kita masih di bulan Dzulhijjah, salah satu bulan haram. Jadi, ada empat bulan haram atau yang ditetapkan oleh agama Islam. Tsalasatun sardun, wa wahidun fardun.

Dari empat bulan haram tersebut, yang tiga disebutkan secara berurutan, tsalasatun sardun, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan yang satu disebutkan sendirian, wahidun fardun, yaitu Rajab.

Keempat bulan tersebut dinamai dengan “asyhurul hurum”.

Rasulullah bersabda,

السَّنَةُ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا، مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ، ثَلَاثٌ مُتَوَالِيَاتٌ: ذُو الْقِعْدَةِ، وَذُو الْحِجَّةِ، وَالْمُحَرَّمُ، وَرَجَبُ مُضَرَ الَّذِي بَيْنَ جُمَادَى وَشَعْبَانَ.

“Tahun terdiri atas dua belas bulan. Di dalamnya terdapat empat bulan haram. Yang tiga berurutan, yaitu Dzulqa’dah, Dzulhijjah, dan Muharram. Dan satu lagi adalah Rajab Mudhar yang berada di antara bulan Jumada (al-Akhirah) dan bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari).

Secara bahasa, “asyhurul hurum” artinya “bulan-bulan haram”, “bulan-bulan terlarang”.

Kenapa disebut “asyhurul hurum”? Apa yang terlarang dalam bulan-bulan tersebut? Dan kenapa terlarang?

Hadirin, rahimakumullah…

Sepeninggal Nabi Ibrahim, mayoritas bangsa Arab menganut ajaran tauhid Nabi Ibrahim yang diajarkan oleh putranya, Nabi Ismail. Namun, seiring dengan perjalanan waktu yang panjang, singkat cerita, terjadi penyimpangan-penyimpangan.

Meski demikian, mereka tidak sepenuhnya meninggalkan ajaran Nabi Ibrahim. Mereka tetap menghormati Ka’bah, tetap tawaf di Ka’bah, wukuf di Arafah, berkurban, dan lain-lain.

Mereka tetap melestarikan tradisi haji pada bulan-bulan tertentu, namun dengan cara yang sudah berubah. Tidak lagi murni. Sudah bercampur dengan kesyirikan. Mereka berhaji, tapi dengan cara Jahiliah, yaitu untuk menyembah berhala-berhala yang memenuhi seputar Ka’bah. Pada saat Fathu Makkah, diketahui, ada 360 berhala yang memenuhi lokasi Masjidil Haram.

Khusus pada masa-masa atau bulan-bulan pelaksanaan haji itu, para kabilah dan suku seputar Makkah bersepakat tidak akan berperang agar orang-orang dapat melaksanakan haji dengan aman tanpa gangguan perang. Apalagi, yang berhaji, yang ziarah ke Ka’bah, bukan hanya orang Makkah, tapi dari seluruh jazirah Arab.

Nah, masa-masa ketika peperangan dilarang itulah yang disebut dengan “asyhurul hurum” atau  “bulan-bulan haram”.

Artinya, bulan-bulan yang haram untuk berperang, dilarang berperang antar-suku, agar tidak mengganggu pelaksanaan ziarah Ka’bah atau haji. Dan itu sudah disepakati jauh pada masa Jahiliah, sebelum Islam datang.

“Asyhurul hurum” atau bulan-bulan haram tersebut adalah Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab.

Sebulan sebelum pelaksanaan haji atau bulan Dzulqa’dah tidak boleh ada perang agar orang-orang yang jauh dari Makkah bisa melakukan perjalanan ke Makkah dengan aman.

Bulan pelaksanaan haji atau bulan Dzulhijjah tidak boleh ada perang agar tidak mengganggu pelaksanaan haji.

Dan, sebulan setelah pelaksanaan haji atau bulan Muharram tidak boleh ada perang agar orang-orang yang datang dari jauh bisa pulang ke wilayahnya dengan aman.

Peperangan juga dilarang pada bulan Rajab, di pertengahan tahun, untuk memberi kesempatan orang-orang menziarahi Makkah di selain tiga bulan tersebut.

Hadirin, rahimakumullah…

Begitulah, sedikit tentang asal-usul “asyhurul hurum”. Bulan-bulan haram. Yang dalam sejarahnya, pada bulan-bulan tersebut dilarang ada perang antar-suku bangsa Arab demi pelaksanaan ziarah Ka’bah atau haji.  Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Pada bulan-bulan ini, Allah memerintahkan manusia agar tidak berbuat zalim.

 فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ

“Janganlah kalian berbuat zalim pada diri sendiri dalam empat bulan tersebut.” (Al-Taubah: 36).

Ayat tersebut tidak memerintahkan agar kita meninggalkan kezaliman pada empat bulan tersebut saja. Kezaliman dan maksiat tentu mesti ditinggalkan di semua waktu, tidak hanya di bulan Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab. Tetapi, meninggalkan kezaliman dan maksiat pada bulan-bulan haram tersebut mendapat penekanan.

Hikmahnya adalah jika kita dapat meninggalkan kezaliman dan kemaksiatan khusus pada empat bulan tersebut maka diharapkan kita juga dapat meninggalkannya di semua bulan. Upaya kita meninggalkan kezaliman dan kemaksiatan pada bulan-bulan haram diharapkan juga mendorong kita meninggalkannya pada bulan-bulan lain. Di sepanjang tahun. Di semua waktu.

Begitu juga dengan kebaikan di bulan-bulan haram. Kebaikan-kebaikan yang kita lakukan khusus di bulan-bulan haram diharapkan juga mendorong kita untuk melanjutkannya atau melakukan kebaikan-kebaikan lain di bulan-bulan berikutnya. Di sepanjang tahun. Di semua waktu.

Di antara kebaikan yang ditekankan pada bulan-bulan haram adalah berpuasa sunah. Rasulullah dawuh,

أفضل الصيام بعد رمضان شهر الله المحرم (أخرجه مسلم)

“Puasa paling baik setelah Ramadan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharam (atau Syuro).” Yang beberapa hari lagi akan kita jumpai.

Kenapa puasa bulan Muharram atau Syuro itu sangat baik? Sebab, Syuro adalah permulaan tahun Hijriah. Mengawali tahun dengan kebaikan seperti puasa tentu lebih baik, dengan harapan kehidupan kita di sepanjang tahun nanti juga baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading KHUTBAH JUMAT DUA BAHASA (JAWA-INDONESIA): Bulan-Bulan Haram (Asyhurul Hurum) at Warung Nalar.

meta

%d bloggers like this: