KHUTBAH JUMAT DUA BAHASA (JAWA-INDONESIA): Hikmah Puasa 6 Hari Bulan Syawal

12 May 2022 § Leave a comment


الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين

أشهد أن لا إله إلا الله الملك الحق المبين 

وأشهد أن محمدا رسول الله صادق الوعد الأمين

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلي يوم الدين 

أما بعد 

فيا أيها الحاضرون اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون 

قال الله تعالى:  وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (الذاريات: 56)

Hadirin, rahimakumullah …

Alhamdulillah, sakmeniko kito sampun wonten ing wulan Syawal.

Syawal meniko mboten termasuk Asyhurul Hurum utawi wulan ingkang mulyo. Ananging Syawal anggadai keutamaan piyambak. Inggih meniko, wonten ing wulan Syawal niki, kito dipun sunahake poso enem dinten kagem ngelengkapi poso wajib wulan Romadhon ingkang sampun lewat.

Keutamaanipun poso enem dinten Syawal sebagai pelengkap poso Romadhon sampun disebataken kalian Kenjeng Nabi,

من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر

“Tiyang ingkang poso wulan Romadhon lajeng dipun lanjutaken kalian poso enem dinten wulan Syawal, mongko posonipun ibarat poso setahun.” (HR. Muslim).

Maksudipun, poso Romadhon ingkang dipun lanjutaken kalian poso enem dinten ing wulan Syawal, ganjaranipun kados tiyang poso setahun, inggih meniko sedoso kali lipat.

مَن جَآءَ بِٱلْحَسَنَةِ فَلَهُۥ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

“Tiyang ingkang ngelakoni perkoro apik siji, mongko dewe’e merkoleh ganjaran sedoso kali lipat.” (al-An’am: 160).

Poso sakwulan ing wulan Romadhon, sepuluh kali lipate sami kalih sedoso wulan. Poso enem dino ing wulan Syawal, sepuluh kali lipate yoiku sewidak dino utawi kalih wulan. Gabungan karone yoiku kalih welas wulan utawi setahun.

Kanjeng Nabi dawuh,

صيام رمضان بعشرة أشهر وصيام ستة أيام بشهرين. فذالك صيام سنة

“Poso sakwulan ing wulan Romadhon dipun ganjar kalian ganjaran sedoso wulan. Poso enem dinten ing wulan Syawal dipun ganjar kalian ganjaran kalih wulan. Sedoyonipun meniko sami kalih poso setahun.” (HR. Ahmad dan al-Darimi, hadis sahih).

Hadirin, rahimakumullah …

Mekaten antawisipun iming-iming ganjaran ingkang dipun janjiaken Kanjeng Nabi kagem tiyang ingkang purun poso enem dinten wulan Syawal. Ganjaran meniko mangke dados bekal kito dateng akhirat.

Ananging wonten kesaean lan faedah lintu sangking poso enem dinten Syawal. Antawisipun,

Ingkang pertama, ganjaran poso enem dinten ing wulan Syawal nggenepaken ganjaran poso sakwulan ing wulan Romadhon dados ganjaran setunggal tahun—kados ingkang sampun dijelasaken.

Kaping kalih, poso wulan Romadhon ibarat shalat fardu. Mongko, poso sunah wulan Syawal sak sampunipun ibarat shalat sunah ba’diyyah. Sementara, poso sunah wulan Sya’ban sakderenge Romadhon ibarat shalat sunah qabliyyah.

Sami kados shalat sunah rawatib, qabliyyah lan ba’diyyah, ingkang antawisipun anggadahi faedah damel nambal kekiranganipun shalat fardu, poso sunah ing wulan Syawal (ugi wulan Sya’ban) ugi anggadahi faedah nambal kekiranganipun poso wulan Romadhon. Menawi pas poso Romadhon, kito ngelampahi pendamelan ingkang saget ngurangi kesempurnaan nilai poso kito, mongko kekirangan meniko kito tambal kalian poso sunah enem dinten wulan Syawal.

Hadirin rahimakumullah …

Faedah kaping tigo saking poso enem dinten wulan Syawal ingkang kito lampahi kanti ikhlas inggih meniko dados tondo menawi Gusti Allah nampi poso Romadhon kito. Sebab, tondo menawi Gusti Allah nampi amalan kawualanipun inggih meniko Gusti Allah bakal paring taufik lan pitulung kagem ngelampahi amal-amal sholeh saklajengipun.

Tondo menawi Gusti Allah nampi poso Romadhon kito, traweh kito, zakat kito, tadarus kito, lan kesaean-kesaean lintunipun ingkang muncul ing wulan Romadhon … antawisipun inggih meniko kito dipun paringi pitulung ngejalanjutaken kesaean-kesaean meniko ing wulan-wulan saklajengipun. Poso wajib kito lanjutaken kalian poso sunah. Traweh kito lanjutake kalian shalat wengi. Zakat kito lanjutaken kalian sedekah. Lan lintu-lintunipun.

Intinipun, menawi sak sampunipun poso Romadhon kito dados tiyang ingkang sami sae utawi langkung sae, mongko kito layak husnudzon bilih Gusti Allah nampi poso Romadhon kito. Nanging sebalikipun, menawi sak sampunipun poso Romadhon kito malah dados tiyang ingkang perilakune awon, mongko kito layak introspeksi bilin wonten masalah dateng poso Romadhon kito. Kito layak curiga bilih Gusti Allah mboten nampi poso kito.

Hadirin, rahimakumullah …

Faedah ingkang kaping sekawan sangking poso enem dinten Syawal inggih meniko dados ungkapan syukur atas anugerah poso Romadhon.

Poso Romadhon meniko anugerah, sebab saget mbusek duso-duso ingkang sampun lewat. Kanjeng Nabi dawuh,

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“Tiyang ingkang poso ing wulan Romadhon kerono iman lan kerono Allah serto ngarepake ganjaran sangking Gusti Allah, mongko diapuro dosa-dosanipun.” (HR. al-Bukhari).

Permilo, kito poso enem dinten ing wulan Syawal sebagai rasa syukur dipun ampuro duso-duso kita berkah poso wulan Romadhon.

Meniko sami kalih Kanjeng Nabi Muhammad ingkang shalat tahajud hinggo delama’anipun abuh. Lajeng wonten tiyang tanglet bilih gusti Allah sampun ngapuro duso-dusonipun Kanjeng Nabi, nanging punopo kok Kanjeng Nabi tetep shalat hinggo kados niku?

غفر الله لك ما تقدم من ذنبك وما تأخر

Lajeng, Kanjeng Nabi njawab,

أفلا أكون عبدا شكورا.

“Justru kerono duso-dusoku sampun dingapure dining Gusti Allah, mulo soko iku aku ngakehake syukur kelawan ngakehake tahajud.” (HR. Bukhari).

Mongko, antawisipun tondo-tondo Gusti Allah sampun ngapuro duso-duso kito yoiku kito dipun paringi kemudahan ibadah dumateng Gusti Allah. Dipun paringi kemudahan ngelampahi kesaean dateng sesama manusia.

Mugi-mugi Gusti Allah ngapuro duso-duso kota sedoyo lan nggampangake kito dalam beribadah lan ngelampahi perkawis ingkang sae. Amin, ya Rabbal Alamin.

بارك الله لي ولكم ونفعنى وإياكم من الآيات والذكر الحكيم والحمد لله رب العالمين.

Khutbah 2

الحمد لله

والصلاة والسلام على رسول الله

وعلى آله ومن والاه

ولا حول ولا قوة إلا بالله 

أمَّا بعدُ، فيا عباد الله، اتقوا الله حق التقوى. قد قال الله تعالى: وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجاً (الطلاق:2)

واعلموا أن يومكم هذا يوم عظيم. قد قال رسول الله صلىى الله عليه وسلم: إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ : فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ ؛ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِيهِ ؛ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ –رواه أبو داود 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. 

اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عن بَلَدِنَا إندونسيا خَاصَّةً وَمِنْ سائر البلدان عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

عِبَادَ اللهِ، إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ.


Bahasa Indonesia

الحمد لله رب العالمين وبه نستعين على أمور الدنيا والدين

أشهد أن لا إله إلا الله الملك الحق المبين 

وأشهد أن محمدا رسول الله صادق الوعد الأمين

اللهم صل وسلم وبارك على سيدنا محمد وعلى آله وأصحابه ومن تبعهم بإحسان إلي يوم الدين 

أما بعد 

فيا أيها الحاضرون اتقوا الله حق تقاته ولا تموتن إلا وأنتم مسلمون 

قال الله تعالى:  وَمَا خَلَقْتُ الْجِنَّ وَالْإِنْسَ إِلَّا لِيَعْبُدُونِ (الذاريات: 56)

Hadirin, rahimakumullah.

Alhamdulillah, saat ini kita telah berada di bulan Syawal.

Syawal tidak termasuk dalam empat bulan mulia atau Asyahurul Hurum. Namun, ia memiliki keutamaan tersendiri. Yaitu, pada bulan ini kita disunahkan berpuasa enam hari sebagai pelengkap puasa wajib bulan Ramadan.

Keutamaan puasa Ramadan yang dilanjutkan dengan puasa enam hari syawal disebutkan oleh Kanjeng Nabi Muhammad,

من صام رمضان ثم أتبعه ستا من شوال كان كصيام الدهر

“Orang yang berpuasa Ramadan kemudian dilanjutkan dengan puasa enam hari Syawal maka puasa tersebut ibarat puasa setahun.” (HR. Muslim).

Maksudnya, puasa Ramadan yang dilanjutkan dengan enam hari Syawal pahalanya seperti puasa setahun, yaitu sepuluh kali lipat.

مَن جَآءَ بِٱلْحَسَنَةِ فَلَهُۥ عَشْرُ أَمْثَالِهَا

“Orang yang melakukan satu kebaikan, ia mendapatkan pahala sepuluh kali lipat.” (al-An’am: 160).

Puasa satu bulan Ramadan, sepuluh kali lipatnya adalah sepuluh bulan. Puasa 6 hari Syawal, sepuluh kali lipatnya adalah 60 hari atau 2 bulan. Maka, gabungan keduanya adalah dua belas bulan atau satu tahun.

Kanjeng Nabi bersabda,

صيام رمضان بعشرة أشهر وصيام ستة أيام بشهرين. فذالك صيام سنة

“Puasa sebulan Ramadan diganjar dengan pahala sepuluh bulan. Dan puasa enam hari Syawal diganjar dengan pahala dua bulan. Itu sama dengan puasa setahun.” (HR. Ahmad dan al-Darimi, sahih).

Hadirin, rahimakumullah.

Itulah di antara iming-iming pahala yang dijanjikan oleh Kanjeng Nabi terkait puasa enam hari Syawal. Pahala atau kebaikan itu akan menjadi bekal kita di akhirat.

Namun, ada beberapa kebaikan dan faedah lain dari puasa enam hari Syawal. Minimal ada empat. Yaitu:

Pertama, pahala puasa enam hari syawal menggenapkan pahala puasa sebulan Ramadan menjadi pahala satu tahun—seperti sudah dijelaskan.

Kedua, puasa wajib bulan Ramadan ibarat shalat fardu. Maka, puasa sunah bulan Syawal sesudahnya ibarat shalat sunah ba’diyyah. Sementara, puasa sunah bulan Sya’ban, sebelum Ramadan, ibarat shalat sunah qabliyyah.

Sama seperti shalat sunah rawatib, qabliyyah maupun ba’diyyah, yang di antara faedahnya adalah menambal kekurangan-kekurangan shalat fardu, puasa sunah bulan Sya’ban dan puasa sunnah bulan Syawal juga berfaedah menambal kekurangan-kekurangan puasa Ramadan kita. Barangkali, saat puasa Ramadan, kita melakukan sesuatu yang mengurangi kesempurnaan nilai puasa, maka kekurangan tersebut kita tambal dengan puasa sunah. Sama seperti shalat fardu kita yang barangkali memiliki kekurangan-kekurangan, maka kekurangan tersebut kita tambal dengan sunah rawatib.

Sebab, di antara faedah dari ibadah-ibadah sunah adalah melengkapi kekurangan-kekurangan dalam ibadah wajib.

Hadirin, rahimakumullah.

Kebaikan dan faedah ketiga dari puasa enam hari Syawal yang kita jalankan dengan ikhlas adalah ia menjadi tanda Allah menerima puasa Ramadan kita.

Sebab, tanda jika Allah menerima amalan seseorang adalah Allah akan memberinya taufik dan pertolongan untuk melakukan amal saleh berikutnya.

Di antara tanda jika Allah menerima puasa Ramadan kita, tarawih kita, zakat dan sedekah kita, tadarus kita, serta kebaikan-kebaikan lain yang muncul pada bulan Ramadan … adalah Allah memberi kita kemudahan untuk meneruskan kebaikan-kebaikan tersebut di luar Ramadan: puasa Ramadan dilanjutkan dengan puasa-puasa sunah pada bulan-bulan berikutnya; tarawih dan witir dilanjutkan dengan shalat malam dan shalat witir pada hari-hari berikutnya; zakat dilanjutkan dengan sedekah dan berbagi; tadarus dilanjutkan dengan istikamah tadarus pada hari-hari berikutnya, dan lain-lain.

Jika setelah puasa Ramadan kita menjadi orang yang sama baik atau bahkan lebih baik maka kita layak husnuzan bahwa Allah menerima puasa Ramadan kita. Sebaliknya, jika setelah puasa Ramadan kita malah menjadi orang yang lebih buruk maka kita layak curiga dan introspeksi bahwa ada masalah dalam puasa Ramadan kita. Kita layak merenung bahwa Allah tidak menerima puasa kita.

Hadirin, rahimakumullah.

Kebaikan dan faedah keempat  dari puasa enam hari Syawal adalah ia menjadi ungkapan syukur atas anugerah puasa Ramadan.

Puasa Ramadan adalah anugerah sebab ia menghapus dosa-dosa yang telah lewat. Kanjeng Nabi bersabda,

من صام رمضان إيمانا واحتسابا غفر له ما تقدم من ذنبه

“Orang yang berpuasa Ramadan karena iman dan karena Allah serta mengharap pahala dari Allah maka dosa-dosanya diampuni.” (HR. al-Bukhari).

Nah, kita berpuasa enam hari Syawal sebagai ungkapan syukur atas diampuninya dosa-dosa kita berkah puasa Ramadan.

Kanjang Nabi Muhammad shalat tahajud hingga kedua telapak kakinya bengkak.

Lalu, ada orang yang tanya, “Bukankah Allah telah mengampuni dosa-dosa panjenengan?”

Kanjeng Nabi menjawab,

“Justru karena dosa-dosaku telah diampuni itulah aku banyak bersyukur—dengan cara memperbanyak tahajud.” (HR. Bukhari).

قام النبي صلى الله عليه وس لم حتى تورمت قدماه. فقيل له: غفر الله لك ما تقدم من ذنبك وما تأخر. قال: أفلا أكون عبدا شكورا.

Maka, di antara tanda-tanda Allah mengampuni dosa-dosa kita adalah kita diberi kemudahan beribadah kepada Allah. Diberi kemudahan berbuat baik kepada sesama makhluk.

Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita. Semoga Allah memudahkan kita untuk beribadah dan berbuat baik. Amin, ya Rabbal Alamin.

بارك الله لي ولكم ونفعنى وإياكم من الآيات والذكر الحكيم والحمد لله رب العالمين.

Khutbah 2

الحمد لله

والصلاة والسلام على رسول الله

وعلى آله ومن والاه

ولا حول ولا قوة إلا بالله 

أمَّا بعدُ، فيا عباد الله، اتقوا الله حق التقوى. قد قال الله تعالى: وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجاً (الطلاق:2)

واعلموا أن يومكم هذا يوم عظيم. قد قال رسول الله صلىى الله عليه وسلم: إِنَّ مِنْ أَفْضَلِ أَيَّامِكُمْ يَوْمَ الْجُمُعَةِ : فِيهِ خُلِقَ آدَمُ، وَفِيهِ قُبِضَ، وَفِيهِ النَّفْخَةُ، وَفِيهِ الصَّعْقَةُ ؛ فَأَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلَاةِ فِيهِ ؛ فَإِنَّ صَلَاتَكُمْ مَعْرُوضَةٌ عَلَيَّ –رواه أبو داود 

اَللّٰهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلَى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ، فِيْ الْعَالَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. 

اَللّٰهُمَّ اغْفِرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، والْمُؤْمِنِيْنَ وَالْمُؤْمِنَاتِ الْأَحْيَاءِ مِنْهُمْ وَالْأَمْوَاتِ. 

اللهم ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ وَالْوَبَاءَ وَالْفَحْشَاءَ وَالشَّدَائِدَ وَالْمِحَنَ، مَا ظَهَرَ مِنْهَا وَمَا بَطَنَ، عن بَلَدِنَا إندونسيا خَاصَّةً وَمِنْ سائر البلدان عَامَّةً، إِنَّكَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيْرٌ 

عِبَادَ اللهِ، (إنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإحْسَانِ وَإِيْتَاءِ ذِي الْقُرْبَى ويَنْهَى عَنِ الفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرِ وَالبَغْيِ، يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ). فَاذكُرُوا اللهَ الْعَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ (وَلَذِكْرُ اللهِ أَكْبَرُ والله يعلم ما تصنعون).


Sumber materi khutbah: kitab “Lathaif al-Ma’arif fi Ma li Mawasim al-‘Am min al-Wadhaif” karya Ibnu Rajab al-Hanbali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

What’s this?

You are currently reading KHUTBAH JUMAT DUA BAHASA (JAWA-INDONESIA): Hikmah Puasa 6 Hari Bulan Syawal at Warung Nalar.

meta

%d bloggers like this: