Pesan dari Beo India


Suatu ketika, seorang saudagar berniat pergi ke India untuk berbelanja barang dagangan. Sebelum berangkat, dia mengumpulkan semua anggota keluarganya serta beo cantik piarannya, menanyakan oleh-oleh yang masing-masing inginkan dari India. “Kalau kamu, minta apa?” tanya si saudagar kepada beo.

“Jika di sana kau melihat beo-beo sepertiku,” kata si beo, “ceritakan kisah hidupku kepada mereka, tentang keseharianku dalam sangkar saat beo-beo itu bebas terbang semau mereka.” Si saudagar menyanggupi.

Akhirnya si saudagar sampai di India setelah menempuh sebulan perjalanan menggunakan unta. Di sana, dia melihat beo-beo sedang bertengger di cabang-cabang pohon. Dia pun memenuhi permintaan beo piarannya. Bercerita kepada beo-beo yang hidup manasuka tentang beo menawan yang hidup tertawan. Sementara saudagar itu bercerita, seekor beo tiba-tiba jatuh ke tanah. Tampak tak bernyawa. Si saudagar amat menyesal telah menyampaikan pesan beo piarannya kepada beo-beo India itu.

Si saudagar akhirnya kembali ke kampung. Memberikan oleh-oleh pesanan anggota keluarganya. Sampai kemudian si saudagar mendekati si beo. “Bagaimana dengan oleh-olehku?” tanya si beo.

“Aku sangat menyesal menyampaikan pesanmu itu,” kata si saudagar. “Sebab, ketika aku menceritakan kisahmu, tiba-tiba seekor beo jatuh ke tanah dan mati.”

Belum selesai betul si saudagar bercerita, si beo tiba-tiba jatuh ke dasar sangkar dan tak bernyawa. Hal itu membuat si saudagar pilu. Si saudagar akhirnya mengeluarkan beo itu dari sangkar dan meletakkannya di bawah pohon untuk kemudian dikubur. Saat si saudagar berbalik untuk mengambil cangkul, beo itu membuka matanya dan segera terbang. Kabur.

Selalu ada jalan keluar untuk setiap masalah. Jadilah cerdas. Selalu membuka diri, bertanya, meminta nasihat kepada yang berpengalaman untuk mendapatkan masukan dan sudut pandang baru.

 


*disalin dari Rumi’s Fables (Negar Niazi O.D, CreateSpace Independent Publishing Platform: 2013). Rumi’s Fables berisi 43 fabel terbaik yang dinukil dari Masnavi karya Jalaluddin Rumi. Jika mendapatkan versi bahasa Inggrisnya, Anda dapat menerjemahkannya secara lebih akurat dan lebih baik.

One thought on “Pesan dari Beo India

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s