Sufi yang Enggan Bersandar Saat Duduk


Konon, sufi besar Ibrahim ibn Adham tak pernah bersandar saat duduk. Punggungnya selalu tegak seperti dalam posisi duduk shalat.

“Aku sedang duduk-duduk santai dengan bersandar di sebuah bantal pada suatu hari saat awal-awal aku menjadi darwis,” kata Ibrahim ibn Adham, menjawab rasa penasaran orang-orang perihal kebiasaan duduknya itu. “Tiba-tiba terdengar suara lembut menyapaku, ‘Kau tak duduk seperti ini saat mengerjakan shalat. Apakah kau menganggap saat kau duduk sekarang ini Tuhanmu tak hadir?!’ Aku seperti diingatkan bahwa Tuhan senantiasa hadir kapan saja dan di mana saja. Sejak saat itu, aku tak pernah membungkuk atau bersandar saat duduk.”

“Aku tak pernah bersandar pada apa pun di dunia ini,” sang sufi itu melanjutkan. “Satu-satunya yang kujadikan sandaran hanyalah Tuhanku.” Termasuk soal duduk.

Saya tahu sufi besar itu tak sedang melucu. Ucapannya serius, mewakili tata krama-spiritualnya kepada Tuhan. Anda bisa temukan kisah itu di Obrolan Sufi karya Robert Frager terbitan Penerbit Zaman.

Namun, saya nyengir. Saya teringat seseorang di Twitter yang mengunggah sebuah foto bergambar pagar kaca yang ditempeli kertas bertuliskan “Dilarang bersandar!”. Menyertai unggahan foto itu, si pemilik akun menulis kurang lebih begini, “Harus di mana lagi?! Saat tak lagi punya pundak untuk bersandar, bahkan kaca pun menolak dijadikan sandaran.”

Dari sudut yang sempit dan dangkal, kisah Ibrahim ibn Adham di atas punya derajat kelucuan yang sama dengan kicauan itu.

Dua belas abad lebih, jauh sekali sebelum lelucon garing semacam itu menjadi mainstream, sufi besar kita sudah melakukannya. Eheu-eheu.

One thought on “Sufi yang Enggan Bersandar Saat Duduk

  1. Perkembangan zaman bisa merubah segalanya, dan masa lampau sebagai tolak ukur dan daya pembenahan bahkan pembaharu… Positif

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s