Laik dan Layak


Dua kata bahasa Indonesia yang mempunyai dua arti berbeda secara spesifik, yang merupakan serapan dari satu kata bahasa Arab adalah “laik” dan “layak”. Asal keduanya dalam bahasa Arab adalah lâ’iq” yang artinya “pantas”, “sesuai/cocok dengan”.

Dalam KBBI, “laik” (adjektiva) artinya “memenuhi persyaratan yg ditentukan atau yg harus ada; patut; pantas; layak” dengan penggunaan spesifik seperti dalam contoh: “laik jalan” (memenuhi persyaratan yg ditentukan serta aman untuk dikendarai di jalan [tt truk, bus, mobil, dsb]), “laik laut” (memenuhi persyaratan yg ditentukan serta aman untuk berlayar di laut [tt kapal penumpang dsb]), “laik pakai” (memenuhi persyaratan yg ditentukan serta aman untuk dipakai).

Sementara kata “layak”, oleh KBBI (justru) diartikan sesuai arti kata asalnya (dalam bahasa Arab): “pantas” (dengan padanan kata “wajar”, “patut”), dengan penggunaan spesifik seperti dalam contoh: Berkat kinerja yang bagus, dia berhak mendapat gaji yang layak”Karena jasanya, dia mendapat kedudukan yang layak.”

(Tapi, KBBI sepertinya menjadikan “layak” padanan dari “laik”. Seperti dicontohkan: “layak huni”, “layak saji”. Tapi “laik” tak menjadi padanan “layak”)

Yang kemudian bergeser adalah status kata: dalam bahasa Arab, “lâ’iq” adalah ism atau nomina atau kata kerja. Bahasa Indonesia menyerapnya menjadi “laik” dan “layak” serta mengubah status keduanya menjadi adjektifa atau kata sifat.

Menurut saya, “laik” dan “layak” contoh bagus: bahasa Indonesia menyerap kata dari bahasa tertentu untuk memperkaya kosakata, namun juga menyerap sekaligus memodifikasi untuk lebih memperkaya–dengan pemaknaan dan penggunaan yang lebih spesifik.[]

One thought on “Laik dan Layak

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s