Pemerintah Harus Jamin Keselamatan JAI


(diculik dari wahidinstitute.org atas izin dari editornya)

Jakarta, wahidinstitute.org

Keluarnya Surat Keputusan Bersama (SKB) Tiga Menteri tentang Ahmadiyah, Senin (9/06/2008), mendapat tanggapan beragam dari masyarakat. Aliansi Kebangsaan untuk Kebebasan Beragama dan Berkeyakinan (AKKBB) menyatakan, pemerintah harus menjamin keselamatan Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) sebagai akibat keluarnya SKB.

“Keluarnya SKB dapat menimbulkan kekerasan terhadap warga Ahmadiyah. Karena itu, pemerintah harus menjamin keamanan dan keselamatan mereka,” pinta Direktur Eksekutif the WAHID Institute Ahmad Suaedy dalam jumpa pers di Kantor the WAHID Institute, Jakarta, Senin (09/06) malam.

Hadir juga DR. M. Syafi’i Anwar, M. Guntur Romli, Nong Darol Mahmada, Tim Pembela Pancasila (TPP) Saur Siagian dan Khoirul Anam, juga para aktivis AKKBB.

Merespon SKB, AKKBB memberikan penghargaan pada pemerintah yang tidak membubarkan JAI. Meski demikian, AKKBB tetap menyayangkan campur tangan negara mengatur keyakinan warganya.

“Pemerintah harus konsisten dengan tetap menjamin kebebasan warga negara dalam beragama dan berkeyakinan sesuai amanat Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945,” tegas Guntur Romli.

Selain itu, lanjut Guntur, pemerintah harus tetap melakukan proses hukum pada semua pelaku kekerasan Tragedi Monas Berdarah 1 Juni 2008 lalu.

Suaedy mengingatkan, SKB yang ditandatangani Menteri Dalam Negeri, Menteri Agama dan Jaksa Agung ini sangat mungkin dijadikan alasan untuk melakukan penyesatan atau persekusi terhadap warga Ahmadiyah di berbagai daerah.

Karenanya, lanjut Suaedy, pemerintah tidak bisa lepas tangan dari masalah ini. “Pemerintah harus bertanggungjawab jika terjadi pelanggaran hukum terhadap warga JAI,” tegasnya.

Sementara Saur Siagian menegaskan, SKB merupakan bentuk pelanggaran negara terhadap konstitusi karena campur tangan negara terhadap keyakinan warganya.

“Kita akan mengambil langkah hukum dengan melakukan Judicial Review terhadap SKB ini,” jelasnya. [sa]

2 thoughts on “Pemerintah Harus Jamin Keselamatan JAI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s