Layar & SMS Merah: Ring In Red


Pada Rabu malam (7 Mei) lalu kawan kostku terima telpon dari ibunya di Medan. Si ibu mengabarkan tentang persitiwa aneh yang terjadi di sana, yaitu tentang kematian mendadak setelah menerima sms/telpon. Cerita si ibu, sudah ada tiga orang yang menjadi korban, baik yang mati mendadak setelah menerima sms/telpon, atau beberapa waktu setelah menerima telpon/sms, dengan didahului sakit. Tidak diketahui, isi sms-nya apa, seperti apa dan bagaimana. Tidak pula diceritakan suara orang yang menelpon itu seperti apa dan bagaimana.

Rupanya, di Medan, rumor itu telah menyebar luas. Pada kamis malam (8 Mei), giliran abang kawanku itu, yang anggota Densus 88 di Polda Medan, yang kirim sms ke temenku itu. Isi smsnya,

Mengenai “Ring In Red” yg trjd di byk negara, Kepdik WHO “Prof.Dr.ADI MOK” tlh mnytakn bhw, kjdian tsb bkn ulah ilmu hitam. Tp radiasi infra merah yg sngaja dipancarkn scr brlebihan ke hp no. dituju, yg mmg bnr dpt mnyebbkn penerima tewas bbrp saat stlh mendgr tlp. Walaupn tdk dijwb, hp yg trletak jg brbhaya, dpt mnimbulkn penyakit perlahan sprt kanker. Sbaiknya kurangi pngaktifan/pemakaian hp smpai dnyatakn aman kmbl olh WHO..dan bsk (jumat, 9 Mei) utk jam 10 pagi dihrpkan hp anda tdk aktf krn infra merah akan disebarkan…! Ini berita terbr tntng virus hp, pntg utk dibhs, tlg smpkn kpd kwn2!

Pada Jumat, 9 Mei, seperti yang anjurkan dalam sms, kawanku itu benar-benar melaksanakan anjuran sms itu. Sebelum jam 10, dia sudah menonaktifkan hp-nya. Begitu juga dengan kawanku yang lain. Dia rupanya benar-benar khawatir dengan rumor sms itu. Tapi aku sih tenang-tenang aja, wong hp-ku ga ada fitur infra red-nya. Jadi santai aja.

Benarkah rumor itu?

Setelah lewat jam 10 (kira-kira jam setengah dua belas, mo berangkat jumatan), kawanku itu mengaktikan hp-nya, walaupun belum ada informasi aman dari WHO, seperti anjuran dalam sms itu. Apa yang terjadi? Ah, ga terjadi apa-apa tuh! Tidak ada radiasi infra red, tidak ada yang sakit, tidak pula ada yang mati.

Rumor mitos tekonologi itu mengingatkanku pada delapan tahun lalu, tentang rumor “wai tu kei” atau “Y2K”, yang isinya berupa ultimatum akan terjadi serangan virus global terhadap seluruh jaringan komputer di seluruh dunia, tepat pada awal tahun 2000…

Ono-ono wae, aya-aya wae, ana-ana bae… Ada ada ajah!!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s